Sosialisasi Bencana Alam – Wujudkan Siswa Tanggap Bencana

Sosialisasi Bencana Alam - Wujudkan Siswa Tanggap BencanaSosialisasi Bencana Alam – Wujudkan Siswa Tanggap Bencana – Sosialisasi ini adalah letak geografis negara kita yang cenderung mengakibatkan banyak bencana alam. Serta, tingkat kesadaran akan cara-cara menyelamatkan diri dari bencana alam juga sangat rendah. Oleh karena itu, kita sebagai generasi muda bangsa yang akan menjadi penerus bagi generasi sebelumnya, sangat penting bagi kita untuk mempelajari dan mengetahui cara-cara tepat untuk menyelamatkan diri dari bencana alam. Seperti slogan ‘Yang Muda Yang Berkarya’.

Maka sangatlah penting untuk mendidik para murid agar berwawasan luas, salah satunya adalah mengetahui cara-cara penyelamatan diri terhadap bencana alam dan menjadi siswa yang tanggap bencana.

Langkah pertama yang harus kita lakukan saat menghadapi bencana adalah jangan panik, kemudian menentukan langkah dengan cepat dan tepat. Seperti yang teman-teman pelajari dalam pelajaran geografi, Indonesia merupakan negara dimana tiga lempeng tektonik tersebut, maka negara kita berada di daerah dengan tingkat aktivitas gempa bumi tinggi. Oleh karena itu, ada beberapa hal yang penting kita ketahui dan lakukan saat terjadi gempa bumi, seperti melindungi kepala; kemudian bila berada di dalam ruangan, berlindung di bawah meja; menjauh dari kaca dan bangunan bertingkat; pergi ke lapangan terbuka atau tempat evakuasi; dan jangan menggunakan lift.

Sama halnya dengan gempa bumi, bencana alam tsunami merupakan bencana alam yang tidak mudah diprediksi kedatangannya. Namun demikian, untuk menghindari bencana tsunami dan mengurangi berjatuhnya korban jiwa dapat dilakukan peringatan sedini mungkin. Adapun hal yang harus kita lakukan pertama kali setelah mengetahui adanya gelombang tsunami adalah berlari ke tempat tinggi secepat mungkin dan jangan menonton datangnya tsunami, apabila gelombang tsunami dapat dilihat, artinya kita berada dalam daerah yang berbahaya.

Tidak hanya bencana gempa bumi dan tsunami yang terjadi di negara kita, namun masih banyak lagi yang bahkan lebih berbahaya dan menelan korban jiwa yang lebih besar. Misalnya bencana yang terjadi karena ulah manusia sendiri, yaitu banjir dan tanah longsor. Kita dapat mencegahnya dengan memulai dari hal-hal kecil yang bahkan kita anggap sepele, contohnya membuang sampah di tempatnya, kemudian tidak membuang sampah di sungai, hingga mendaur ulang dan membuat kompos dari sampah daun. Hal tersebut juga bisa kita kembangkan menjadi sebuah wirausaha, bukan?

Bencana alam juga notabene tidak bisa diprediksi dan dideteksi, tapi sedini mungkin dapat dicegah. Seperti bencana tanah longsor, kita dapat mengadakan penghijauan, penanaman hutan kembali adalah salah satu cara mencegah tanah longsor yang sering terjadi di Indonesia, terutama pada dataran tinggi.

Nah, itulah inti dari sosialisasi ini. Semoga dengan sosialisasi bencana alam ini, siswa dapat menjadi agen tanggap bencana. Amin.

Tags: #Bencana Alam #Sosialisasi Bencana #Tanggap Bencana #Wujudkan Siswa

Apakah Perlu KKN Dihapus?
Apakah Perlu KKN Dihapus?
Apakah Perlu KKN Dihapus? – Pada hakekatnya Tri
Mudahnya Mendongkrak IPK
Mudahnya Mendongkrak IPK
Mudahnya Mendongkrak IPK – IPK adalah salah
Kunci Sukses Membaca Cepat
Kunci Sukses Membaca Cepat
Kunci Sukses Membaca Cepat – Mengetahui “bagaimana”
Memecahkan Kebiasaan Membaca yang Kurang Baik
Memecahkan Kebiasaan Membaca yang Kurang Baik
Memecahkan Kebiasaan Membaca yang Kurang Baik –
Keuntungan Membaca Cepat
Keuntungan Membaca Cepat
Keuntungan Membaca Cepat – Kebanyakan orang membaca
Jangan Terlalu Cepat Menyimpulkan
Jangan Terlalu Cepat Menyimpulkan
Jangan Terlalu Cepat Menyimpulkan – Ini adalah
  1. Kisah Guru Magang di Daerah Terpencil Indonesia | Taqorrub.com3 tahun yang lalu

    […] Indonesia diklaim melimpah, bahkan disebut rasio nasional kita berkisar 1 guru berbanding dengan 17 murid. Namun, penyebaran guru masih tidak merata, apalagi kualitas sebagian dari mereka masih di bawah […]

    Balasan
  2. Simulasi Kejadian Tanah Longsor di Cianjur Jawa Barat | Arif Roziqin Official Website3 tahun yang lalu

    […] – Bencana longsorlahan merupakan salah satu jenis bencana alam yang dapat menimbulkan korban jiwa dan kerugian material yang besar seperti rusaknya lahan […]

    Balasan

Beri komentar "Sosialisasi Bencana Alam – Wujudkan Siswa Tanggap Bencana"


Top