Oleh – oleh khas Kota Pontianak yang tak boleh ketinggalan saat berkunjung

Pontianak merupakan ibukota provinsi Kalimantan Barat. Sebuah kota yang dilintasi oleh garis khatulistiwa dan di kota ini terdapat pula sungai terpanjang di Indonesia yaitu sungai kapuas. Namun tak hanya ikon tugu khatulistiwa dan sungai kapuas yang menjadi ciri khas dari kota ini. Dari segi wisata kuliner pontianak tak boleh diragukan. Tak terkecuali oleh-oleh khas pontianak yang digandrungi oleh setiap pelancong yang datang ke kota pontianak. Apa saja oleh oleh khas pontianak yang tak boleh ketinggalan? ini dia :

Lempok Durian

lempokAda yang tidak suka durian? wah sayang sekali jika Anda tidak menyukainya, padahal buah durian sangat lezat rasanya. Tidak hanya bisa dimakan langsung, tapi di Pontianak buah durian ini biasa diolah menjadi lempok durian, sebuah Panganan khas di Pontianak dan cocok sekali dijadikan oleh-oleh. panganan ini terbuat dari 100% buah durian tanpa campuran tepung, hanya ditambah gula dan garam saja untuk penambah rasanya.

Stik Keladi

keladipontianakKeladi atau yang biasa disebut talas jika diolah biasa amatlah membosankan. Di pontianak keladi telah dijadikan makanan khas yang diolah menjadi stik keladi. Tak disangka-sangka keladi yang terlihat biasa-biasa  ini ternyata bisa menjadi cemilan lezat di pontianak. Stik keladi ini diolah dengan bermacam bumbu dan di campur dengan aneka rasa, namun biasanya stik keladi yang paling digemari adalah rasa balado.

Aneka olahan lidah buaya

lidah buaya

Nah kalau lidah buaya pastilah Anda sering mendengarnya di kalimantan barat. Tanaman ini sangatlah subur ditanam di kota khatulistiwa, dan tak mengherankan jika olahan makanan dari lidah buaya melimpah ruah disini, bahkan olahan lidah buaya di kota Pontianak sudah sampai diekspor keluar negeri. Paling sering mungkin Anda akan menjumpai minuman lidah buaya, tapi selain minuman lidah buaya ada juga olahan lainnya yang berbahan baku lidah buaya seperti coklat lidah buaya, dodol lidah buaya, bakso lidah buaya, jelly lidah buaya, kerupuku lidah buaya, dan lainnya.

Bingka

bingka

Ke pontianak kalau gak nyobain bingka khas pontinaak tuh berasa ada yang kurang. Iyaa makanan yang satu ini sangat digemari dan cocok dijadikan oleh-oleh. Teksturnya yang lembut dan rasanya yag manis akan memanjakan lidah setiap orang yang memakannya dengan sekali gigitan saja. Emm yummy. Terbuat dari campuran telur ayam,tepung terigu, kentang, santan, vanili. susu kental manis, dan mentega ini sudah menjadi makanan khas pontianak.

Banyak sekali panganan seru nan lezat yang bisa kita temui di kota Pontianak, Jika ingin tahu lebih lanjut berbagai makanan khas pontianak, silahkan saja berkunjung ke kota ini, saya jamin Anda tidak akan menyesal.

Tags: #khas Pontianak #Makanan #oleh-oleh

Sudah Pernah Coba Makan Ice Cream Pot?
Sudah Pernah Coba Makan Ice Cream Pot?
Sudah Pernah Coba Makan Ice Cream Pot?
Cimory Riverside
Cimory Riverside
Cimory Riverside – Melintasi jalur utama menuju
Kuliner Unik Ketika Ramadhan
Kuliner Unik Ketika Ramadhan
Kuliner Unik Ketika Ramadhan – Bulan suci
Cemilan Sehat untuk Si Kecil
Cemilan Sehat untuk Si Kecil
Cemilan Sehat untuk Si Kecil – Memberikan
Kenapa Sayur Bayam Tidak Boleh Dipanaskan?
Kenapa Sayur Bayam Tidak Boleh Dipanaskan?
Kenapa Sayur Bayam Tidak Boleh Dipanaskan? –
Ingin Tahu Lezatnya Ramen Asli Dari Jepang?
Ingin Tahu Lezatnya Ramen Asli Dari Jepang?
  1. author

    Wong Ganteng2 tahun yang lalu

    wah. bingakak kesenengan saya. enak semoga saya bisa mampir kekota pontianak

    Balasan
    • author
      Penulis

      Fitri Listiawati2 tahun yang lalu

      iya, masih banyak kok makanan khas pontianak lainnya, silahkan berkunjung ke Pontianak :)

      Balasan
  2. author

    Andhika Wiratama2 tahun yang lalu

    Wah terimakasih infonya.
    kebetulan saya punya temen orang pontianank, nanti minta oleh-oleh lempok durianya…
    hahha

    Balasan
  3. author

    mangs aduls2 tahun yang lalu

    bingak juga jadi khas pontianak ya. saya biasanya beli di plaihary. 😀

    Balasan
  4. author

    mangs aduls2 tahun yang lalu

    ngiler sanya dengan Lempok Durian. enak kayanya

    Balasan

Beri komentar "Oleh – oleh khas Kota Pontianak yang tak boleh ketinggalan saat berkunjung"


Top