Mudahnya Mendongkrak IPK

dalam Motivasi, Pendidikan

ipk

Mudahnya Mendongkrak IPK – IPK adalah salah satu parameter untuk menentukan keberhasilan seorang Mahasiswa. Mendapatkan IPK tinggi merupakan dambaan semua mahasiswa yang sedang menuntut ilmu di bangku kuliah. Walaupun IPK bukanlah satu-satunya yang menentukan prestasi seorang mahasiswa, namun banyak anggapan bahwa IPK yang tinggi menandakan masa depan yang cerah bagi mahasiswa tersebut. Sebagian mahasiswa mungkin tidak terlalu memerdulikan nilai IPK dikarenakan mereka punya pemikiran “yang penting kuliah”. Tanpa disadari persepsi itu akan mengurangi keseriusan dalam kuliah bagi mahasiswa. IPK yang dibawah standar juga akan berdampak tidak baik bagi mahasiswa untuk masa depannya. Lulus dalam keadaan IPK yang tidak memuaskan pun akan menyulitkan seseorang untuk mencari pekerjaan kelak. Tak mudah juga untuk seorang mahasiswa mendapatkan nilai IPK tinggi dan mempertahankannya agar tidak anjlok/turun.

Untuk itu Anda perlu memperhatikan beberapa hal yang mampu mendongkrak IPK, berikut ini :

  1. Luruskan niat saat kuliah

Kesuksesan saat kuliah tergantung dari niatnya. Jika niatnya untuk kuliah dengan sungguh-sungguh dan tekun, maka apapun rintangannya pasti akan mudah dilalui.

  1. Dekatkan diri pada tuhan

Ingatlah bahwa diri ini milik Tuhan, semua yang kita lakukan di dunia hanya semata-mata untuk meraih Ridha-Nya. Perkara IPK juga tak terlepas dari kehendak Tuhan yang Mahakuasa. Dekatkanlah dimu pada-Nya, rajin beribadah dan terus berusaha.

  1. Ambil hati dosen

Dosen senang sekali apabila ada mahasiswa yang dekat dengannya. Jika Dosen telah menyukai seorang mahasiswa maka dengan senang hati dosen tersebut akan membantu perkuliahan mahasiswa yang disenanginya.

  1. Aktif bertanya saat dikelas

Dosen akan lebih senang memberikan nilai tinggi untuk mahasiswa yang aktif dikelas. Dosen sangat antusias apabila ada mahasiswa yang suka bertanya, dan akan mudah diingat oleh dosen. Bertanyalah agar Anda disukai dosen.

  1. Mencurahkan perhatian saat dosen menjelaskan

Kuliah itu tidak sulit, bahkan tak perlu repot mencatat untuk mengingat dan memahami materi perkuliahan. Anda hanya harus memperhatikan secara serius ketika dosen sedang menjelaskan, dengan begitu Anda bisa jauh lebih paham dibanding mencatat atau berbicara saat dosen sedang menjelaskan.

  1. Rajin mengerjakan tugas kuliah

Walaupun nilai tugas hanya berpengaruh sekitar 20% saja terhadap nilai akhir, jangan pernah sesekali meremehkan tugas yang diberikan atau bahkan malas untuk mengerjakannya. Kerjakanlah tugas Anda dengan sungguh-sungguh tanpa mencontek pekerjaan teman.

  1. Rajin hadir disetiap pertemuan

Jika Anda merasa lemah dalam bidang akademik, namun tidak ingin juga IPK Anda jatuh- sejatuhnya, cukuplah dengan rajin hadir kuliah, karena sebagian dosen sangat menghargai mahasiswa yang aktif kuliah, bahkan tak jarang dosen memberikan nilai tambahan sebagai bentuk apresiasi kehadiran mahasiswa yang rajin hadir.

  1. Belajar dulu sebelum mulai pekuliahan

Biasakanlah membaca materi perkuliahan sebelum mata kuliah berlangsung, sehinggga apa yang dosen jelaskan nantinya sedikit banyak telah Anda pahami, dan jika ada hal tidak dimengerti saat belajar bisa langsung ditanyakan.

  1. Minta tugas perbaikan pada dosen

Mahasiswa dituntut untuk cakatan dan aktif. Apabila nilai UTS atau UAS Anda merasa tidak maksimal, segeralah minta perbaikan sebelum nilai akhir anda keluar, karena ada sebagian dosen yang menerima permintaan tugas perbaikan, maka manfaatkanlah itu. Jangan cuek terhadap nilai yang pas-pasan.

  1. Maksimalkan UTS dan UAS

Nilai UTS dan UAS punya pengaruh besar terhadap nilai akhir Anda, maka jangan malas belajar sebelum UTS dan UAS, persiapkanlah diri sebaik mungkin untuk mendapatkan nilai UTS dan UAS yang maksimal.

Tidaklah sulit untuk memperbaiki IPK, hanya butuh keseriusan bahwa IPK juga penting untuk menentukan keberhasilan seorang Mahasiswa. Tips sederhanan diatas jika dilakukan dengan keseriusan, pasti akan membantu Anda untuk mendapatkan IPK yang lebih baik di semester selanjutnya. Good luck

Tags: #mendongkrak ipk #Tips

Apakah Perlu KKN Dihapus?
Apakah Perlu KKN Dihapus?
Apakah Perlu KKN Dihapus? – Pada hakekatnya Tri
Banyak Tersenyum dan Temukan Manfaatnya
Banyak Tersenyum dan Temukan Manfaatnya
Banyak Tersenyum dan Temukan Manfaatnya – Tersenyum
Kunci Sukses Membaca Cepat
Kunci Sukses Membaca Cepat
Kunci Sukses Membaca Cepat – Mengetahui “bagaimana”
Memecahkan Kebiasaan Membaca yang Kurang Baik
Memecahkan Kebiasaan Membaca yang Kurang Baik
Memecahkan Kebiasaan Membaca yang Kurang Baik –
Keuntungan Membaca Cepat
Keuntungan Membaca Cepat
Keuntungan Membaca Cepat – Kebanyakan orang membaca
Rahasia Kunci Sukses dalam Karir dan Hidup
Rahasia Kunci Sukses dalam Karir dan Hidup
Rahasia Kunci Sukses dalam Karir dan Hidup

Beri komentar "Mudahnya Mendongkrak IPK"


Top