Kuliner Unik Ketika Ramadhan

dalam Kuliner

pakkat-600x330
Kuliner Unik Ketika Ramadhan – Bulan suci Ramadhan sudah di depan mata. Berbagai hal sudah menyibukkan kita dengan persiapan-persiapan menjelang bulan suci itu. Lalu, apa yang paling berkesan ketika Ramadhan tiba? Pastinya adalah saat-saat menunggu berbuka puasa.
Di setiap daerah di Indonesia, terdapat makanan-makanan khas yang hanya ngetren ketika bulan Ramadhan tiba. Di Sumatera Barat, makanan-makanan khas itu erat kaitannya dengan makanan-makanan tradisional yang juga hadir pada waktu-waktu tertentu. Sehingga, pada hari biasa, akan sangat sulit menemukannya.
Nah, apa saja kuliner-kuliner unik khas Sumatera Barat yang juga turut meramaikan bulan suci Ramadhan?
Lamang
Lamang yang berbahan dasar ketan tidak hadir begitu saja sebagai kuliner kudapan. Lamang, didahului oleh kebiasaan masyarakat Minang yang senang bergotong-royong terutama ketika ada acara-acara besar keagamaan, perhelatan atau tradisi keluarga seperti manjalang. Tradisi itu disebut Tradisi Malamang.
Lemang dianggap sebagi menu wajib bagi perhelatan-perhelatan tersebut karena dianggap sebagai bentuk penghormatan terhadap tamu yang datang. Seperti halnya rendang yang selalu disajikan sebagai menu utama dalam setiap acara besar di Minangkabau.
Ah ya, selain di Minang, Tradisi Malamang atau Lamang itu sendiri juga terkenal di daerah-daerah lain. Seperti pada Suku Dayak di Kalimantan, di Limboro Mandar Sulawesi, dan Banjar yang juga dikenal sebagai penganan wadai-wadai.
Lamang Baluo
Lamang Baluo merupakan kudapan khas Sumatera Barat yang terbuat dari ketan meliputi campuran kelapa dan gula jawa. Setelah itu dibungkus dengan daun pisang dan dibakar. Makanan ini sekilas mirip lemper yang berisi daging. Bedanya Lamang Baluo manis rasanya karena dilekati gula kelapa di bagian atasnya. Kudapan ini banyak ditemui saat Ramadhan sebagai salah satu makanan berbuka.
Sarikayo
Penganan satu ini hadir hanya pada acara tertentu seperti menjelang Ramadhan atau pada Hari Raya. Ada juga yang menyebutnya dengan srikaya. Ada berbagai jenis serikaya mulai dari ketan sarikaya, sarikaya telur, serikaya jagung sampau serikaya bearoma pandan.
Kue Sapik Puluik
Kue ini semacam kue kering. Bentuknya agak mirip kue semprong. Asal nama ini kemungkinan dari cara pembuatannya yang dijepit dengan cetakan lalu dibakar. Tekstur kue ini ketika matang masih lembut dan akan menjadi kaku ketika kue sudah dingin. Dalam keadaan lembut itulah kue langsung digulung atau dilipat.
Kembang Loyang
Kembang loyang ini terbuat dari tepung roti yang di campur dengan gula dan telur serta pati santan. Adonan ini diaduk hingga rata lalu cetakan kembang loyang dicelupkan ke dalam adonan kemudian digoreng ke dalam penggorengan. Jika menjelang Ramadhan di Tanah Datar, Sumatera Barat, banyak masyarakat membuat penganan ini. Selain di Sumbar, Kembang Loyang juga ada di Aceh.

Tags: #Bulan Ramadhan #Ketika Ramadhan #Kuliner Unik #Puasa Ramadhan #Yuk Puasa

Sudah Pernah Coba Makan Ice Cream Pot?
Sudah Pernah Coba Makan Ice Cream Pot?
Sudah Pernah Coba Makan Ice Cream Pot?
Oleh – oleh khas Kota Pontianak yang tak boleh ketinggalan saat berkunjung
Oleh – oleh khas Kota Pontianak yang tak boleh ketinggalan saat berkunjung
Pontianak merupakan ibukota provinsi Kalimantan Barat. Sebuah
Cimory Riverside
Cimory Riverside
Cimory Riverside – Melintasi jalur utama menuju
Cemilan Sehat untuk Si Kecil
Cemilan Sehat untuk Si Kecil
Cemilan Sehat untuk Si Kecil – Memberikan
Kenapa Sayur Bayam Tidak Boleh Dipanaskan?
Kenapa Sayur Bayam Tidak Boleh Dipanaskan?
Kenapa Sayur Bayam Tidak Boleh Dipanaskan? –
Ingin Tahu Lezatnya Ramen Asli Dari Jepang?
Ingin Tahu Lezatnya Ramen Asli Dari Jepang?

Beri komentar "Kuliner Unik Ketika Ramadhan"


Top