Fenomena Amblesan Tanah di Gunung Kidul Jogja

dalam Lingkungan

Fenomena Amblesan Tanah di Gunung Kidul JogjaFenomena Amblesan Tanah di Gunung Kidul Jogja – Saat penulis masih belajar di kampus, penulis sempat melakukan field trip atau istilahnya kuliah lapangan. Field trip pada waktu itu dilaksanakan satu hari, mulai dari pagi hingga sore hari. Ada beberapa tempat yang dikunjungi, diantaranya Daerah Penambangan Pasir di Sungai Sleman, daerah patahan di Bantul yang dulu pernah terjadi gempa bumi, kemudian dilanjutkan di Gunungkidul, dan yang terakhir di parangkusumo parangtritis Bantul.

Pada foto di atas, yakni terdapat di daerah Gunungkidul. Tepatnya di sebuah Dolin atau sebuah cekungan (kolam) yang biasa digunakan oleh masyarakat setempat untuk keperluan sehari-hari. Pada musim kemarau, dolin tersebut mengering. Dan pada musim penghujan, dolin tersebut terisi air.

Pada saat penulis melakukan kunjungan ke tempat tersebut, kebetulan dolin sedang mengering, karena saat itu masih musim kemarau. Namun, ada yang membuat penulis heran. Dolin tersebut mengalami amblesan tanah yang ukurannya cukup lebar. Sehingga cukup berbahaya apabila kita berada disana.

Menurut anda, kira-kira apa yang menyebabkan amblesan tanah di sebuah dolin? Tentunya ada banyak faktor. Daerah gunungkidul merupakan daerah karst/kapur, dimana di daerah karst terdapat sungai bawah tanah. Tanah di daerah tersebut umumnya memiliki kandungan kapur tinggi, sehingga membuat tanah mudah larut. Inilah yang kemudian membuat tanah tersebut mudah ambles, namun ini hanya terjadi pada batu gamping berusia muda. Dan kalau batu gamping berusia tua, maka umumnya keras-keras batuannya.

Itulah sedikit uraian sederhana yang bisa penulis share untuk anda sekalian tentang pengalaman field trip di daerah gunungkidul jogja, semoga berguna untuk pembaca sekalian :)

Tags: #Amblesan Tanah #Fenomena Alam #Gunung Kidul

Pohon Bambu Unik dan Langka di Indonesia
Pohon Bambu Unik dan Langka di Indonesia
Pohon Bambu Unik dan Langka di Indonesia
  1. author

    thya3 tahun yang lalu

    field trip?
    jurusan biologi ya? atau geografi?

    Balasan
  2. Mengapa Air Laut Berasa Asin dan Terlihat Berwarna Biru? | Taqorrub.com3 tahun yang lalu

    […] asin pada air laut berasal dari daratan. Ketika terjadi hujan di daratan, air akan meresap ke dalam tanah, dan sedikit demi sedikit akan keluar lagi melalui sungai. Akhirnya akan mencapai laut juga. Pada […]

    Balasan

Beri komentar "Fenomena Amblesan Tanah di Gunung Kidul Jogja"


Top