Apakah Perlu KKN Dihapus?

dalam Pendidikan

KKN AdalahApakah Perlu KKN Dihapus? – Pada hakekatnya Tri Dharma Perguruan Tinggi mempunyai tiga aspek, yang Pertama; Menyelenggarakan pendidikan, dimana dosen dan mahasiswa harus melaksanakan pembelajaran di lingkungan kampus maupun diluar kampus, Kedua; Melakukan penelitian, dimana dosen dan mahasiswa mempunyai kewajiban untuk mengembangkan ilmu pengetahuhan dan teknologi, Ketiga; Pengabdian kepada masyarakat, dalam hal ini dosen maupun mahasiswa diwajibkan terjun langsung ke lapangan untuk mengabdi kepada masyarakat, yang mana biasa disebut dengan KKN atau Kuliah Kerja Nyata untuk mahasiawa.

KKN ini merupakan aspek yang sangat pentig sebagai bentuk pengamalan terhadap Tri Dharma Perguruan Tinggi dalam bidang Pengabdian kepada Masyarakat, KKN ini bertujuan sebagai proses pembelajaran kepada mahasiswa dalam mengimplementasikan seperangkat teori yang telah diterima di bangku kuliah kepada masyarakat secara langsung.

Mengenai pertanyaan apakah perlu KKN dihapus? atau diganti formatnya? saya berpendapat bahwa KKN tidak perlu dihapus ataupun diganti formatnya dengan alasan pertama, KKN merupakan wujud dari Tri Dharma Perguruan Tinggi, kedua; apabila KKN diganti formatnya maka akan menyulitkan mahasiswa sebagai pelaksana KKN dan akan menyulitkan masyarakat dalam menerimanya.

Saya mempunyai inisiatif agar tema KKN dirubah sehingga tidak selalu monoton dengan tema itu-itu saja, dalam hal ini tema tersebut lebih melihat dari kebutuhan masyarakat saat ini, pengalaman dilapangan masyaraakat menginginkan adanya suatu perubahan didesanya agar lebih maju dengan adanya KKN ini. Sebenarnya pelaksanaan KKN ini sangat baik dan bermanfaat bagi mahasiswa ataupun masyarakat namun itu semua tergantung dari mahasiswa itu sendiri dalam melaksanakannya dan masyarakat dalam menanggapinya..

*) Artikel ini ditulis tahun 2009 pada saat penulis melaksanakan KKN di Grobogan, Jawa Tengah.

Tags: #Apakah Perlu #KKN Dihapus #KKN Pembangunan #Kuliah Kerja Nyata

Mudahnya Mendongkrak IPK
Mudahnya Mendongkrak IPK
Mudahnya Mendongkrak IPK – IPK adalah salah
Kunci Sukses Membaca Cepat
Kunci Sukses Membaca Cepat
Kunci Sukses Membaca Cepat – Mengetahui “bagaimana”
Memecahkan Kebiasaan Membaca yang Kurang Baik
Memecahkan Kebiasaan Membaca yang Kurang Baik
Memecahkan Kebiasaan Membaca yang Kurang Baik –
Keuntungan Membaca Cepat
Keuntungan Membaca Cepat
Keuntungan Membaca Cepat – Kebanyakan orang membaca
Jangan Terlalu Cepat Menyimpulkan
Jangan Terlalu Cepat Menyimpulkan
Jangan Terlalu Cepat Menyimpulkan – Ini adalah
Orang Tua Harus Menjadi Pendengar yang Baik
Orang Tua Harus Menjadi Pendengar yang Baik
Orang Tua Harus Menjadi Pendengar yang Baik
  1. author

    yadibarus2 tahun yang lalu

    KKN dapat membawa mahasiswa untuk lebih mandiri dan mengenal masyarakat lebih luas, dan untuk bisa lebih menerapkan ilmu pengetahuannya secara praktikal di lapangan. aku rasa ndak perlu untuk dihapus

    Balasan

Beri komentar "Apakah Perlu KKN Dihapus?"


Top